Pengaruh Minat, Self Confidence, Dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Keywords:
Minat;, Self Confidence;, Self Efficacy;, Prestasi Belajar Matematika;Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat, self confidence, dan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa dan mengetahui faktor yang paling dominan di antara minat, self confidence, dan self efficacy yang berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Hasaniyah NW Jenggik yang berjumlah 166 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Skala penilaian yang digunakan dalam instrumen angket ini disusun dalam bentuk skala Likert yang memuat 4 kategori yaitu sangat setuju (SS), setuju (S). tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS), dimana skor tertingi adalah 4 dan skor terendah adalah 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan software Lisrel. Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa MTs Al-Hasaniyah NW Jenggik benar dipengaruhi oleh faktor minat, self confidence, dan self efficacy dengan pengaruh langsung dari masing-masing faktor tersebut secara berturut-turut sebesar 2,87, 2,08, dan 2,34. Faktor yang paling dominan di antara minat, self confidence, dan self efficacy yang berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs Al-Hasaniyah NW Jenggik adalah minat. Hal ini ditunjukkan dengan sumbangan tertinggi minat terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 0,21 dibandingkan dengan sumbangan self confidence sebesar 0,17 dan sumbangan self efficacy sebesar 0,18).
Abstract: The purpose of this study is to determine the direct influence of interest, self-confidence, and self-efficacy on the mathematics learning achievement students and find out which factors are the most dominant among the interests, self-confidence, and self-efficacy that influence the mathematics learning achievement students. The sample in this study was all students of MTs Al-Hasaniyah NW Jenggik which amounted to 166 students. The data collection techniques used are questionnaires and documentation. The assessment scale used in this questionnaire instrument is arranged in the form of a Likert scale which contains 4 categories, namely strongly agree (SS), agree (S). disagree (TS), and strongly disagree (STS), where the highest score is 4 and the lowest score is 1. This research is a quantitative descriptive research in the form of a survey. The data analysis technique used is path analysis with the help of Lisrel software. The result is that the mathematics learning achievement of MTs Al-Hasaniyah NW Jenggik students was correctly influenced by factors of interest, self confidence, and self efficacy with a direct influence of each of these factors respectively of 2,87, 2,08, and 2,34. The most dominant factor among the interests, self-confidence, and self-efficacy that influence the mathematics learning achievement of MTs Al-Hasaniyah NW Jenggik students is interest. This is indicated by the highest contribution of interest in students' mathematics learning achievement of 0,21 compared to the contribution of self-confidence of 0,17 and the contribution of self-efficacy of 0,18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.