Matematika Realistik Berbantuan Media Blog: Sebuah Pendekatan Terhadap Kemampuan Literasi Matematika

Authors

  • Ririn Anindya Putri Univeristas Al Washliyah Medan
  • Yumira Simamora Universitas Alwasliyah UNIVA Medan
  • Risna Mira Bella Saragih Universitas Alwasliyah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v4i2.577

Keywords:

literasi matematika, matematika reaslistik, blog

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana literasi matematis siswa dipengaruhi oleh pendekatan pendidikan matematika realistik yang didukung oleh media blog. Sebanyak 68 siswa MTs Laboratorium Kelas 7 UINSU Medan dijadikan sebagai sampel penelitian ini. Tes literasi matematika dengan bentuk naratif digunakan untuk menyusun data. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Independent sample t-test dalam SPSS 25 digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa dibandingkan dengan siswa yang menerima instruksi tradisional (Direct Instruction), mereka yang menerima instruksi berbasis RME menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik dalam literasi matematika (P-nilai 0,035<0,05). Dengan rata-rata 8,19048, metode RME mengungguli Direct Instruction.

Abstract: The goal of this research is to assess how students' mathematical literacy is affected by a realistic mathematics education approach supported by a media blog. A total of 68 students from MTs Laboratory Class 7 at UINSU Medan served as the sample for this study. Mathematical literacy tests using a narrative form were used to compile the data. The methodology used in this study is quantitative. Independent sample t-test in SPSS 25 is used to analyze the data. The findings indicated that compared to students who received traditional instruction (Direct Instruction), those who received RME-based instruction showed statistically significant gains in mathematical literacy (P-value 0.035<0.05). By an average of 8.19048, the RME method outperforms Direct Instruction.

Downloads

Published

2023-12-31