Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MA Syaikh Zainuddin NW Anjani dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Hots Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i2.691Keywords:
Error analysis; HOTS questions; Newman procedure.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X MA Syaikh Zainuddin NW Anjani dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS berdasarkan prosedur Newman. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS matematika masih tergolong rendah. Prosedur Newman merupakan tahapan untuk memahami dan menganalisis bagaimana siswa menjawab sebuah permasalahan yang ada pada soal. Hal ini terbukti oleh hasil PISA tahun 2018 terlihat bahwa nilai rata-rata kemampuan matematika peserta didik di Indonesia dibawah standar internasional sebesar 379. Hasilnya menempatkan Indonesia urutan ke 73 untuk matematika (OECD, 2019). Metode penelitian yang digunakan adala pendekatan kualitatif deksiptif dengan metode pengumpulan data tes tertulis dan wawancara. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas X program IPA putri MA Syaikh Zainuddin (MAPK) NW Anjani semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan memahami masalah (comprehension errors), kesalahan dalam transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding errors). Peneliti juga memberikan saran bagi guru dan siswa agar terus belajar dan berinovasi dalam belajar dan mengerjakan soal HOTS serta pada peneliti selanjutanya untuk terus mengembangkan penelitian terhada keslahan siswa agar keslahan tersebut dapat diatasi atau mendapatkan solusi.
Abstract: This research aims to determine the errors made by students of class X MA Syaikh Zainuddin NW Anjani in solving HOTS type mathematics questions based on the Newman procedure. Students' ability to solve HOTS mathematics problems is still considered low. The Newman procedure is a step to understand and analyze how students answer a problem in a question. This is evidenced by the results of the PISA 2018, which showed that the average mathematics ability of students in Indonesia is below the international standard of 379. The result placed Indonesia 73rd for mathematics (OECD, 2019). The research method used is a descriptive qualitative approach with a written test and interview data collection method. The research was conducted on female students of class X IPA program of MA Syaikh Zainuddin (MAPK) NW Anjani in the odd semester of the 2023/2024 academic year.The results of the study showed that the errors made by students were errors in understanding the problem (comprehension errors), errors in transformation (transformation errors), errors in process skills (process skills errors), and errors in writing the final answer (endcoding errors). The researcher also provides suggestions for teachers and students to continue learning and innovating in learning and completing HOTS questions, as well as for future researchers to continue developing research on student errors so that these errors can be overcome or get solutions.influence, but in further research it is expected to examine more deeply using different variables.