Simulasi Phet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa

Authors

  • Oktavianus Ama Ki`i Universitas Katolik Widya Mandira
  • Egidius Dewa Universitas Katolik Widya Mandira

Keywords:

The PhET simulations, Teams Games Tournament

Abstract

This study aims to integrate the PhET interactive simulations on the Teams Games Tournament learning model to enhancement the student physics learning activities and outcomes on dynamic electric material. This study uses the one group pretest-posttest design. The results showed an increase in student physics learning outcomes with the means of pretest and posttest is 53 and 84, respectively. The gain factor of 0.66 shows that the student physics learning outcomes, increase by medium criteria. The use of PhET simulations on the Teams Games Tournament learning model can improve student physics learning activities and outcomes.

References

Arda, dkk. (2013). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa smp kelas VIII. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77.

Elisa, E., Mardiyah, A., & Ariaji, R. (2017). Peningkatan pemahaman konsep fisika dan aktivitas mlalui phet simulation. PeTeKa, 1(No.1), 15–20. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i1.15-20

Fithriani, S., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMANegeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45–52.

Hariyanto, A. (2017). Pengaruh discovery learning berbantuan paket program simulasi PhET terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 365–378. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.321

Indah Sari, S., & Asran, M. (2015). Peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(12), 1–11.

Irawan, A. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2), 164–170. https://doi.org/10.26638/je.461.2064

Komyadi, & Derlina. (2015). Penerapan media simulasi phet untuk meningkatkan aktivitas siswa pada fase pengumpulan data percobaan dan mengolah serta merumuskan suatu penjelasan dalam model pembelajaran inquiry training di SMA Negeri 5 Takengon. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2562

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505

Sakdiah, H., & Sasmita, P. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantukan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 65–70. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2a3

Siahaan, H. R., & Wahyuni, I. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1), 26–33. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i1.9489

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2018). Penerapan simulasi phet pada mata kuliah fisika II di program studi ilmu kelautan universitas papua. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 180–189. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4908

Yulianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2016). Model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1, 323–330. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3820

Downloads

Published

2021-09-28

Issue

Section

Articles