Analysis of Utilization of 12 E-Learning Cooperation of the Ministry of Education in Educational Institutions During the COVID-19 Pandemic
Keywords:
E-Learning; User Response; Educational Institutions; UTAUT ModelAbstract
Abstrak: Pelaksanaan pembelajaran daring pada hakikatnya merupakan salah satu tindakan implementasi sebuah aplikasi e-learning berbasis sistem komputasi yang diterapkan di lingkungan pendidikan. Sebuah penerapan aplikasi tentunya perlu analisis peninjauan kembali terhadap keberhasilannya. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan e-learning yang sudah disediakan oleh pemerintah secara online dan gratis. Analisis menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model. Dari hasil analisa data diperoleh informasi bahwa respon para pengguna (guru) masuk kategori sedang (cukup) dengan tingkat penerapan sebesar 35,9%.
Abstract: The implementation of online learning is essentially one of the actions of implementing an e-learning application based on computing system applied in an educational environment. An application application needs to be reviewed for its success. Therefore, the purpose of this research is to analyze the implementation of online learning conducted by teachers by utilizing e-learning that has been provided by the government online and for free. Analysis using Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model. From the results of data analysis obtained information that the response of users (teachers) entered the category of moderate (sufficient) with an application rate of 35.9%.
References
Andayani, D. D., Fathahillah, & Abdal, N. M. (2020). Penerapan E-Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pndemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 228–236.
Daring, P. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
Fitriyani, R., & Fernandes, R. (2020). Pelaksanaan Student Centered Learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.64
Henry, A. R. (2020). Kendala Guru Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(1), 98–99.
Hutapea, R. H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.287
Jajat Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 106.
Junita, A. (2020). Blended Learning Dan Kompetensi Guru. Berdamai Dengan Covid-19: True Story.
Mandailina, V., Saddam, S., Ibrahim, M., & Syaharuddin, S. (2019). UTAUT: Analysis of Usage Level of Android Applications as Learning Media in Indonesian Educational Institutions. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(3), 16. https://doi.org/10.31764/ijeca.v2i3.2080
Nabila Hilmy Zhafira, Yenny Ertika, C. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi. Jurnal L Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
Nasir, M. (2013). Evaluasi Penerimaan Teknologi Informasi Mahasiswa di Palembang Menggunakan Model UTAUT. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 1(1), 15–2013.
Niani, C. R., & Rahma, C. (2020). Analisis Kendala Sistem Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Matematika Di Kampus. Math Educa Journal, 4(2), 114–122.
Putra, S., Maharani, J., Sinaga, R., & Tanjung, D. (2020). Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Disiplin Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 19. Edu Riligia, 4(2), 159–169.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Ramanta, D., & Dwi Widayanti, F. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Roni, E. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SMA Negeri 3 Seunagan. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 45–52.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12.