Model Pembelajaran Cooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • kiki riska ayu kurniawati universitas islam negeri mataram
  • Farah Heniati Santosa Universitas Nahdlatul Wathan
  • Samsul Bahri Universitas Nahdlatul Wathan
  • Diana Selfi Widiana 6Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nurlailah Nurlailah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Maetik Maetik Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jartika.v4i2.180

Keywords:

Model Cooperatif, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah meta-analysis, yaitu metode yang menggunakan data hasil-hasil penelitian yang telah terpublis. hasil penelitian bersumber dari databes yang telah terindeks Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda. Kriteria inklusi dan ekslusi dalam penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan hasil belajar matematika, data yang diperoleh kemudian ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data menggunakan software JASP, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar peserta didik dengan estimasi dampak sebesar 0,50, dengan kata lain pengaruh model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar siswa berpengaruh sebesar 50%  yang termasuk kategori sedang. begitu juga dengan hasil analisis variabel moderator pada klasifikasi per jenjang pendidikan. Ini berarti implementasi model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa bisa dikatakan tepat jika digunakan disemua jenjang pendidikan, terutama pada jenjang SD.

References

Alimuddin, H., Matematika, D. P., Andi, S., & Pangkep, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SATAP BUNGORO. 61–74.

Andini, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. 1(2), 65–79.

Anggraeni, A. A., Veryliana, P., & R, I. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. 3(2), 218–225.

Astuti. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGKINANG Astuti PENDAHULUAN Hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran matematika ada. III(2), 1–10.

Ayu, G. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar matematika siswa 1. 7(20), 49–55.

Ayu, G., Yudiastuti, K., Wiarta, D. I. W., For, S. P. M., Ardana, D. K., & Pd, M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) BERBANTUAN BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS 1 DALUNG KECAMATAN KUTA UTARA Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Ayu, I. G., Supartini, M., Marhaeni, A. A. I. N., & Candiasa, I. M. (2013). TIPE NHT BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 2.

Bahtiar. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. 1, 49–54.

Bayuaji, P. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. XII(1), 15–18.

Cahyaningsih, U. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. 3(1), 1–5.

Depary, S. (2013). MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. 6(1), 93–107.

Diantari, P., Wiarta, I. W., Agung, I. G., & Negara, O. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Giyanti. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF Student Teams Achievement Devision ( STAD ) DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR. 01(01), 37–52.

Harahap1, N. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, MOTIVASI, DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MTSN MODEL BANDA ACEH. IV.

Hartati, N. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. VIII(1), 1–6.

Haruna, N. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. 10.

Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., Hanik, U., Studi, P., Fakultas, P., Pendidikan, I., & Trunojoyo, U. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE ( RTE ) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PINGGIR PAPAS 1 SUMENEP Terdapat perubahan paradigma dalam pembelajaran . Salah satunya adalah orientasi prose. 112–121.

HAYATINA, N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MUHAMMADIYAH 13 TANJUNG MORAWA TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Husna. (2011). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DISERTAI TUGAS AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 8 PADANG. 3(2).

Jailani, S. (2016). This research is constituted by the low yields caused student learning students pay less attention when the teacher explained , did not want to ask the teacher in teaching only the method of lecture , discussion and exercises will require the development .

Jumrawarsi. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FIND SOMEONE WHO TERHADAP HASIL BELAJAR. II(2), 123–131.

Kadek, N., & Arthaningsih, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. 2, 128–136.

Karyawati, N. K. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE ( TPS ) BERBANTUAN KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.

Komang, N., Yunita, D., Ketut, N., Tristiantari, D., Dasar, J. P., & Ganesha, U. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE. 1(2018), 96–107.

Kusumawati, A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 BATUKLIANG. 1(2), 80–85.

Luh, N., Murtita, P., Dewa, S., Sudana, N., & Nyoman, N. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V. 2(1).

Maula, M. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD. 2, 36–41.

Mulia, G. (2021). PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES KASSI-KASSI. XII(1), 62–73.

Noor, N. A. (2011). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TIPE TAI DAN TPS) DAN AKTIVITAS BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang).

Nur, M. I. (2016). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TONGKUNO. 4(1).

Oktiningrum, W., Islam, U., & Rahmat, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 2(1), 10–20.

Prasetyo, J. (2006). Alumni Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Rahmawati. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 5 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. 1.

Royani. (2013). THE INFLUENCE OF COOPERATIVE LEARNING MODELS AND. 4(1), 66–78.

Saraswati, E., & Hartiningrum, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 7(2), 79–86.

Sembiring, R. B. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 6(1), 214–229.

Seran, E. B., & Ladyawati, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. 8, 115–120.

Sirait, M. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. 1.

Sirait, R. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS VIII MTS N-3 MEDAN. 1(1), 21–26.

Sunilawati, N. M. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS IV SD e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3.

Syahri, P. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. 1(1), 51–59.

Tia, P., & Muliandari, V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. 3(2), 132–140.

Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 3(2), 135–141.

Wiguna, I. K. A. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles