Optimalisasi Penguasaan Materi Kesebangunan Melalui Pendekatan Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IX SMP

Authors

  • Prasetyawati Prasetyawati SMP Negeri 1 Pujut

Keywords:

Learning Achievement, Problem Based Learning, Mathematics

Abstract

This study aims to determine the optimization of mathematics mastery through a problem based learning approach in Mathematics learning. Subjects and data sources of the study were 34 students. Methods of collecting data using observation, documentation, and tests. Data analysis uses critical and comparative analysis. The percentage of learning completeness obtained in the cycle is 38% and in the first cycle is 74% and the second cycle is 100%. Thus, the learning achievements of students in mathematics learning from pre-cycle up to the second cycle had a significant increase.

References

Abbas, Nurhayati. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Problem-Based Instruction. Program Studi Pendidikan Matematika Program pascasarjana. UNESA.

BSNP.(2007). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Untuk SMP/MTs Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Darsono, Max. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Gall, Meredith Dengan, Gall, Joyce Produk, and Borg, Walter R. (2003). Educationa: Research an Introduction. Seventh Edition. United Sates of America.

Hamalik, Oemar. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Hassoubah, Zaleha Izhab. (2005). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis: Disertai Ilustrasi dan Latihan. Terj. Bambang Suryadi. Bandung: Nuansa.

Hatta, Idris. (2002). Profil Soal-Soal Pemecahan Masalah dalam Buku Ajar matematika SD Kurikulum 1994.Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VIII. Edisi Khusus, Juli 2002. Malang : Universitas Negeri Malang.

Hidayah, Isti, dkk. (2003). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendayagunaan Media Alat Bantu Ajar di SD, SLTP, SMU, dan LPTK. Hasil Penelitian.

Hudojo, Herman. (2002). Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VIII, Edisi Khusus Juli 2002. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ismail. (2002). Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Instruction: Apa, bagaimana, dan Contoh pada Sub Pokok Bahasan Statistika. Makalah disajikan pada pelatihan TOT Pembelajaran Kontekstual CTL untuk Instruktur/guru dan dosen di Surabaya.

Kartikasari C, Abdullah F, & Ronny S. (2013). Pengertian Komunikasi Pembelajaran. Semarang: FIP Universitas Negeri Semarang.

Marsigit. (2008). Matematika I SMP Kelas VII. Jakarta : Yudhistira.

Moleong, Lexy J. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakter, dan Implementasinya. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nasution S. (2002). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : P.T. C.V. Bina Aksara.

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Rahayu, Endah Budi. (2002). Penilaian Kinerja dan Penilaian Proses pada Pokok Bahasan Kesebangunan. Makalah ini disajikan pada pelatihan TOT Pembelajaran Kontekstual CTL untuk instruktur/guru dan dosen di Surabaya.

Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiarto, dkk. (2004). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kecakapan Matematika Siswa Pendidikan Dasar sebagai Implementasi KBK Usulan Research grant Program DUELIKE-BATCH III Tahun anggaran 2004. FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sukoriyanto. (2001). Langkah-Langkah dalam Pembelajaran matematika dengan Menggunakan Penyelesaian Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VII, No.2. 103-1110.

Suwandi, Sarwiji. (2009). Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru : Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : UNS.

Downloads

Published

2021-09-21

Issue

Section

Articles