Penerapan model cooperative learning dalam peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa SMP dalam pembelajaran IPS Geografi
Keywords:
CAR, Participation, Result of StudyAbstract
Classroom Action Research (CAR) aims to increase student participation in teaching and learning activities and student learning outcomes with the use of cooperative learning models. The results showed that in the first cycle the average was 60.5; in the second cycle 64.38; and in the third cycle it reaches 70.38. It was concluded that the learning process with cooperative learning can increase student participation and learning outcomes.References
Enis Nurnawati, Dwi Yulianti, Hadi Susanto, (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1 (1), 1-7.
Erwin Putera Permana. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantar, 1 (2), 49-58.
Hasan Baharun. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1 (1), 34-46.
Monika Setiyaningrum. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 1 (2), 99-108
Riry Mardiyan. (2012). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan Metode Bermain Peran (Role Playing). Pakar Pendidikan, 10 (2), 151-162.
Wina Sanjaya. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana: Jakarta.
Yeti Sulastri, Diana Rochintaniawati. (2009). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran MIPA, 13 (1), 15-21.