Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Keterampilan Eksperimen pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Hesti Jamiliyah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Discovery Learning, Experimental Skills, Science

Abstract

Alfiandi. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyusun Hipotesis melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kesambi Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Devia. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Eksperimen. Eko. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas III SD Lanteng Baru Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yoyakarta. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia. Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Koballa. (2010). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Pearson : USA Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa berdasarkan Kurikulum2013). Jakarta: PT RajaGrafindo persada. Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press. Susilowati. (2014). Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013, “Workshop Penguatan Content Knowledge Keintegrasian Materi IPA SMP Kelas VII untuk mengatasi Hambatan Guru IPA dalam Implementasi kurikulum 2013” Yogyakarta. Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

References

Alfiandi. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyusun Hipotesis melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kesambi Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Devia. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Eksperimen.

Eko. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas III SD Lanteng Baru Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yoyakarta.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koballa. (2010). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Pearson : USA

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa berdasarkan Kurikulum2013). Jakarta: PT RajaGrafindo persada.

Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Susilowati. (2014). Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013, “Workshop Penguatan Content Knowledge Keintegrasian Materi IPA SMP Kelas VII untuk mengatasi Hambatan Guru IPA dalam Implementasi kurikulum 2013” Yogyakarta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-09-28

Issue

Section

Articles