Upaya peningkatan hasil belajar matematika menggunakan cooperative learning
Keywords:
learning results, mathematics, cooperative learningAbstract
The purpose of this research is to the improve of cognitive learning results of fourth grade mathematics which is the achievement school but have learning result that is still felt less of satisfactory. The type of research which used is Classroom Action Research and implemented as much as 2 cycles. The research learning model used in this research is cooperative learning. Instruments used in this study are formative test sheets, observation sheets, interviews, and documentation. In the implementation of the first cycle, there is a change in the improvement of cognitive learning outcomes after the actions in cycle II. So it can be concluded that learning by cooperative learning model can improve cognitive learning results of mathematics.References
Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan kreativitas dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model Group Investigation. EDUSAINS, 2(1).
Efendi, Y., Ramses, R., & Styvany, S. (2014). Pengaruh pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran biologi kelas VIII SMP Negeri 10 Batam tahun pelajaran 2013/2014. Simbiosa, 3(2).
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tidakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Sumedang: UPI PRESS.
Isjoni. (2012). Cooperative Learning (Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok). Bandung: Alfbeta.
Ismail. (2002). Model-Model Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Jampel, I. N., Widiana, I. W., & Juliantari, M. Y. (2017). Inovasi pembelajaran saintifik dengan snowball throwing dalam proses menanya terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 128-137.
Lamba, H. A. (2016). Pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD dan gaya kognitif terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2).
Lugina, D. R. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi kpk dan fpb melalui model quantum teaching. E-jurnal Mitra Pendidik-an, 5(1), 521-535.
Mawardi & Puspasari. (2011). Perbedaan efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn IV SD Negeri 1 Badran Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, Scholaria. 1(1).
Ningtiyas, P. (2012). Penggunaan metode kooperatif tipe TGT dilengkapi modul dan LKS ditinjau dari aktivitas peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1).
Poniyatun. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika materi kpk dan fpb melalui metode variasi pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 1(5), 60-74.
Slameto. (2011). Pengembangan model pembelajaran berbasis konstruktivistik. Satya Widya, 27(2).
Slameto. (2018). Penerapan cooperative learning untuk meningkatkan HOTS. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 1(4), 124-140.
Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2008). Hasil belajar kimia peserta didik dengan model pembelajaran metode Think-Pair-Share dan metode ekspositori. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 2(1).