Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV
Keywords:
Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Hasil BelajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar siswa kelas IV di SD ditinjau dari hasil belajar IPS. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data berdasarkan pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, adanya kesulitan yang dihadapi siswa selama mengikuti pembelajaran daring sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring di SD Negeri 54 Singkawang: (a) Masalah yang berkaitan dengan kompetensi guru. Kompetensi guru sudah bagus, namun mengalami kesulitan dalam menggunakan dan memanfaatkan pembelajaran berbasis teknologi; (b) Masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik yang memiliki karakter dan pemahaman berbeda-beda mengenai materi penugasan yang diberikan oleh guru. Karena anak yang masih ditingkat sekolah dasar menjadi sulit untuk menangkap materi yang bersifat abstrak; (c) Orang tua kesulitan mengoperasikan gadget. Proses pembelajaran daring ini dilakukan dengan kurangnya komunikasi terhadap siswa itu sendiri karena banyak orang tua siswa yang kurang paham menegnai alat komunikasi yang canggih; (d) Kurangnya kerjasama orang tua dengan siswa, cenderung tidak menemani putra-putrinya belajar di rumah dikarenakan karena sibuk bekerja, mengurus rumah, dan dengan hal lain; dan (e) Keterbatasan sarana dan prasarana.
Abstract: This research aims to describe the learning difficulties of class IV students at SD Negeri 54 Singkawang in terms of social studies learning outcomes. This research method is qualitative descriptive research. The subjects of this study were 8 students of class IV. Data collection techniques are based on interview guidelines and documentation. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, drawing conclusions. The research results show that there are difficulties faced by students while participating in online learning which can influence student learning outcomes. Obstacles faced in the online learning process at SD Negeri 54 Singkawang: (a) Problems related to teacher competence. Teacher competency is good, but they experience difficulties in using and utilizing technology-based learning; (b) The problem of differences in the level of understanding of students who have different characters and understandings regarding the assignment material given by the teacher. Because children who are still at elementary school level find it difficult to grasp abstract material; (c) Parents have difficulty operating gadgets. This online learning process is carried out with a lack of communication with the students themselves because many students' parents do not understand sophisticated communication tools; (d) Lack of cooperation between parents and students, they tend not to accompany their sons and daughters to study at home because they are busy working, taking care of the house, and other things; dan (e) Limited facilities and infrastructure
References
Desi