Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Ani Sahara Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Azmiatun Sholehah Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Putri Ayu Febriani Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syaharuddin Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Vera Mandailina Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • David Hermansyah PGMI, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jartika.v6i2.680

Keywords:

Berpikir Kreatif; Laboratorium Virtual; Meta-analisis

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis yang lebih mendalam terhadap peran laboratorium virtual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Data yang digunakan terdiri dari 46 artikel penelitian yang diterbitkan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Analisis dilakukan menggunakan metode meta-analisis dengan memanfaatkan nilai effect size (ES) dan standard error (SE), dan hasilnya diolah melalui perangkat lunak JASP untuk mendapatkan nilai summary effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium virtual memiliki dampak positif signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan nilai rata-rata sebesar 76% atau 0.76, yang masuk dalam kategori efek tinggi. Lebih lanjut, analisis berdasarkan jenjang pendidikan mengindikasikan bahwa dampak positif ini berbeda-beda, yakni sebesar 74% di tingkat Perguruan Tinggi, 79% di tingkat SMA, dan 71% di tingkat SMP. Terdapat peningkatan nilai yang lebih signifikan pada tingkat SMA, menunjukkan bahwa implementasi laboratorium virtual seharusnya lebih difokuskan di tingkat tersebut di masa mendatang.

Abstract: The purpose of this study is to analyze more deeply about virtual laboratories in improving students' creative thinking skills. The data obtained were 46 articles from previous research published in the last 5 years, then analyzed using meta-analysis through the effect size (ES) value and standard error (SE) to see the summary effect value using JASP software. The results show that virtual laboratories can improve students' creative thinking skills with an average value of 76% or 0.76 with a high effect category. Furthermore, the results of the analysis based on the level of education show that the university level has an effect of 74%, high school level of 79%, and junior high school of 71%. The greater value at the high school level, so that in the future, virtual laboratories are highly emphasized to be implemented at the high school level.

References

Abdjula, T., & Ntobuo, N. (2018). Developing Device of Learning Based on Virtual Laboratory through Phet Simulation for Physics Lesson with Sound Material. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 39, 105–115. https://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Akbar, M., & Budiarti, I. S. (2022). Analysis of Higher Order Thinking Skills ( HOTs ) on Simple Harmonic Motion Concept Using Virtual Laboratory Based on VBA Excel Study in Physics Education Students of Universitas Cenderawasih. 630(Icetech 2021), 81–90. Doi:10.2991/assehr.k.220103.014

Al-nakhle, H. (2022). The effectiveness of scenario-based virtual laboratory simulations to improve learning outcomes and scientific report writing skills. 1–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0277359

Andini, S., & Rusmini, R. (2022). Project-based learning model to promote students critical and creative thinking skills. Jurnal Pijar Mipa, 17(4), 525–532. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i4.3717

Darojat, A. (2022). Studi literatur efektivitas penggunaan virtual laboratory dalam pembelajaran kimia secara luring. INCARE : International Journal of Educational Resources., 03(03).

Dwikoranto, & Widiasih. (2023). Utilization Virtual Laboratory in Physics Learning : Bibliometric Analysis. 4(1), 123–133. https://doi.org/10.59689/incare.v3i3.494

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Erdawati, N., Ridha, H., Risnawati, & Granita. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2548-1819). https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Febriyandi, F., & Andromeda. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA / MA. Journal, Edukimia, 1(2), 24–30. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/31

Fuldiaratman, Rusdi, M., Harizon, Dewi, F., & Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Construct Bagi Guru SMA Negeri 5 Muaro Jambi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi menawarkan alternatif untuk Aplikasi construct merupakan suatu aplikasi berbasis Hyper T. 3(3), 1346–1353. doi:10.33379/icom.v3i3.3145

Gunawan, G., Susilawati, Dewi, S. M., Herayanti, L., Lestari, P. A. S., & Fathoroni, F. (2020). Gender Influence on Students Creativity in Physics Learning with Virtual Laboratory Gender Influence on Students Creativity in Physics Learning with Virtual Laboratory. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012036

Irawan, F., Zubaidah, S., Sulisetijono, & Astriani, M. (2021). Does Remap-STAD have the potential to promote students’ creative thinking skills. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043179

Isroqmi, A., & Septiati, E. (2023). Pemanfaatan E-learning Moodle Sebagai Laboratorium Matematika Virtual di Universitas PGRI Palembang. 5(2), 244–254. doi: 10.31851/indiktika.v5i2.11653

Majda, L., Ibrahim, N., Waspodo, M., & Khaldun, U. I. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran laboratorium virtual dan motivasi peserta didik terhadap hasil belajar ipa fisika di smpit ar rahmah cijeruk bogor. Jurnal teknologi pendidikan, 12/2 https://ejournal2.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/163

Makiyah, Y. S., Malik, A., Susanti, E., & Mahmudah, I. R. (2019). Higher Order Thinking Real and Virtual Laboratory ( HOTRVL ) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Mahasiswa Pendidikan Fisika. 1(1), 34–38. http://103.123.236.7/index.php/Diffraction/article/viewFile/807/524

Mariko, S., Ajeng, E., Pinahayu, R., Putu, L., & Adnyani, W. (2022). Pemanfaatan digital virtual laboratory pada kelompok masyarakat RT . 09 / 03 Pondok Rangon Kota Jakarta Timur dilaksanakan oleh Tim PKM Unindra , yang menjadi Mitra PKM / sasaran kegiatan proses pembelajaran. 05(5), 598–606.

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran : Peluang dan Tantangan. 3(2), 77–83.

Murnilasari, Y., Widyasari, O. A., & Oktaviani, R. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Efektivitas Pengembangan Metode Eksperimen berbasis Laboratorium Virtual PhET dalam Pembelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik pada Masa Pandemi kehidupan manusia , yang mampu mempersiapkan warga. 428–445.

Nurfidah. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis laboratorium virtual dengan bantuan aplikasi rekam layar pada materi routing. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1. doi:10.51878/vocational.v1i3.349

Quraisy, A., Muzaini, M., Ilhamsyah, & Gaffar, A. (2023). Pemanfaatan laboratorium virtual dalam pembelajaran matematika. Abdimas Indonesia, 3(3). doi:10.53769/jai.v3i3.514

Rambega, L. U. (2018). Implementasi Media Laboratorium Virtual Pada Pendekatan Kooperatif Terhadap Peningkatan Kreativitas Fisika Mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(2), 137–141. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i2.66

Rani, S. A., Mundilarto, Warsono, & Dwandaru, W. S. B. (2019). Physics virtual laboratory : an innovative media in 21 st century learning Physics virtual laboratory : an innovative media in 21 st century learning. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022026

Sahfitri, N., Darvina, Y., Masril, & Hidayati. (2019). Efektivitas lks untuk virtual laboratory pada materi fluida. Pillar of Physics Education, 12(1), 129–136. doi: 10.24036/4786171074

Sari, R. T., Angreni, S., & Salsa, F. J. (2022). Pengembangan Virtual-Lab Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 391–402. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23833

Sari, P. P., & Slamet, I. (2019). Profile of physics laboratory-based higher order thinking skills ( HOTs ) in Indonesian high schools Profile of physics laboratory-based higher order thinking skills ( HOTs ) in Indonesian high schools. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052053

Satria, R. P., & Sahidu, H. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. ORBITA: Jurnal pendidikan dan ilmu fisika, 6(November), 221–224.

Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The correlation between critical and creative thinking skills on cognitive learning results. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(81), 99–114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6

Siradjudin, N., Suratno, J., Studi, P., Biologi, P., Khairun, U., Studi, P., Matematika, P., Khairun, U., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Khairun, U., & Komunikasi, K. (2020). Pengembangan laboratorium virtual biologi berbasis science , technology , engineering , and mathematics ( stem ) untuk. 5(2), 71–76.

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles