Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.218Keywords:
Kemampuan Penalaran Matematis;, PBL;, Gaya Kognitif;Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pencapaian kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran PBL ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan quasi ekseprimen yang melibatkan 97 mahasiswa semester I. Analisis penelitian menggunakan one way ANAVA. Intrumen penelitian berupa tes gaya kognitif dan tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, yaitu mahasiswa dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan penalaran matematis yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent. Abstract: This study aims to obtain a picture of the achievement of mathematical reasoning abilities of students who obtain PBL learning in terms of cognitive fields dependent and field independent. This research is a quasi-experiment involving 97 first semester students. Analysis of the study used one way ANAVA. The research instruments were cognitive style tests and mathematical reasoning abilities tests. The results of the study concluded that there are differences in students' mathematical reasoning abilities that have field dependent and field independent cognitive styles, that is, students with independent field cognitive styles have better mathematical reasoning abilities compared to students with field dependent cognitive styles.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.