Karakteristik Pemahaman Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i2.233Keywords:
pemahaman matematis;, kemampuan awal matematis;Abstract
Abstrak: Pemahaman matematis menjadi kunci untuk melihat berhasilnya pembelajaran matematiks, sehingga tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran secara komprehenship mengenai pemahaman matematis siswa berdasarakan kemampuan awal matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa di salah satu SMA di Kota Bandung. Intrumen utama adalah peneliti, sedangkan instrument bantu berupa tes, dan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa kemampuan pemahaman matematis, Siswa dengan kemampuan tinggi (ST) dan sedang (SS) mampu menunjukkan 2 indikator pemahaman matematis yang telah ditentukan, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah (SR) tidak dapat menunjukkan 2 indikator kemampuan pemahaman matematis. Abstract: Mathematical understanding is the key to seeing the success of learning mathematics, so the aim of this study is to obtain a comprehensive picture of students' mathematical understanding based on the level of mathematical abilities. The research design used is a case study. The research subjects consisted of 3 students in a high school in Bandung City. The main instrument is the researcher, while the assistive instrument is in the form of tests and interviews. The results of the study found that students with high (ST) and moderate (SS) abilities were able to show 2 predetermined indicators of mathematical understanding, while students with low ability (SR) were unable to show 2 indicators of mathematical comprehension ability.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.