Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Muhamad Akrom STKIP Hamzar
  • Rachmat Imam Muslim Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Ulil Albab MTs Qudsiyyah
  • M. Gunawan Supiarmo Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i1.630

Keywords:

Discovery Learning, Berpikir Kritis, Self Confident

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Peneliti ingin mengetahui apakah berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan discovery learning lebih baik daripada pembelajaran klasikal. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA SMAN 1 Terara. Teknik sampling yang digunakan adalah Simpel Random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan discovery learning, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan pembelajaran klasikal. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode tes dan angket. Data self confidence siswa dianalisis dengan persentasi dan dideskripsikan berdasarkan kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan discovery learning lebih baik daripada pembelajaran klasikal; (2) self confidence siswa yang diajar menggunakan discovery learning menunjukkan kriteria baik.

Abstract: This study aims to determine the effectiveness of discovery learning on students' critical thinking skills in trigonometry material. This study uses a quasi-experimental quantitative approach. The design used is the posttest only control design. Researchers want to know whether the critical thinking of students who are taught using discovery learning is better than classical learning. The population of this study were all students of class X MIPA SMAN 1 Terara. The sampling technique used is Simple Random sampling. The samples in this study were students of class X MIPA 2 as the experimental class, and X MIPA 3 as the control class. The experimental class was taught using discovery learning, while the control class was taught using classical learning. The method used to obtain data is a test and questionnaire method. Student self-confidence data was analyzed by percentage and described based on criteria. The results of this study indicate that (1) students' critical thinking skills taught using discovery learning are better than classical learning; (2) the self-confidence of students who are taught using discovery learning shows good criteria.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles