Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Himpunan

Authors

  • Samsul Hadi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Farah Heniati Santosa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Irwan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i2.692

Keywords:

Realistic Mathematics Learning; Problem-Solving; set.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh betapa pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Proses kemampuan pemecahan masalah memiliki 4 indikator yaitu (1) memahami masalah; (2) membuat rencana pemecahan masalah; (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah; dan (4) memeriksa kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest psttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP-IT Husnul Khotimah Jiken Terara dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa instrumen tes (pretest dan posttest) yang meliputi soal essay sebanyak 5 soal dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan rumus statistik uji paiired sampel t-test yang terlebih dahulu dilaksanakan uji instrumen (uji validitas, dan uji reliabilitas) dan uji hipotesis. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa soal essay yang digunakan valid sebanyak 5 soal. Selajutnya dilakukan uji-t untuk mengetahui nilai signifikan dan di peroleh hasil p = 0,000 < 0,05 = a, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistic terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan pada siswa kelas VII SMP-IT Husnul Khotimah Jiken.

Abstract: This research is motivated by how important problem-solving abilities are in learning mathematics. The problem-solving ability process has 4 indicators, namely (1) understanding the problem; (2) making a problem-solving plan; (3) implementing the problem-solving plan; and (4) checking again. The aim of this research is to find out whether there is an influence of realistic mathematics learning models on problem solving abilities in set material. This research uses a quantitative approach with a one group pretest psttest design. The population in this study were all class VII students at SMP-IT Husnul Khotimah Jiken Terara with a sample size of 15 students. This research uses a data collection method in the form of a test instrument (pretest and posttest) which includes 5 essay questions and documentation. The technical data analysis uses the statistical formula for the paired sample t-test, which first carries out instrument testing (validity test and reliability test) and hypothesis testing. The validity test results showed that the essay questions used were valid as many as 5 questions. Next, a t-test was carried out to determine the significant value and the result was p = 0.000 < 0.05 = a, so it can be concluded that there is an influence of the realistic mathematics learning model on problem solving abilities in set material in class VII students of Husnul Khotimah Jiken Middle School.

 

Published

2023-11-30