Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi SPLDV

Authors

  • Tami Maulida Husnani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Sofyan Mahfudy Universitas Islam Negeri Mataram
  • Maximus Tamur Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i2.732

Keywords:

Computational Thinking, Pemecahan Masalah Matematika, SPLDV

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasional mahasiswa Tadris Matematika dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya pada sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan studi kasus deskriptif kualitatif yang melibatkan 20 mahasiswa kelas IV A Tadris Matematika UIN Mataram. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir komputasional dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berada pada kategori kemampuan rendah, dengan hanya 2 mahasiswa dalam kategori tinggi dan 1 mahasiswa dalam kategori sedang. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa mahasiswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator berpikir komputasional, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan sedang dan rendah menunjukkan keterbatasan dalam beberapa indikator. Penelitian ini menekankan perlunya peningkatan pembelajaran berpikir komputasional melalui pendekatan interaktif dan terstruktur, guna memperkuat konsep dasar, strategi penyelesaian masalah, serta keterampilan analitis dan kritis mahasiswa. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya SPLDV.

of Mathematics Education students in solving mathematical problems, especially in systems of linear equations in two variables (SPLDV). This study is a qualitative descriptive case study involving 20 students of class IV A of Mathematics Education UIN Mataram. Data were collected through computational thinking ability tests and interviews. The results showed that the majority of students were in the low ability category, with only 2 students in the high category and 1 student in the medium category. Further analysis revealed that students with high ability were able to meet all indicators of computational thinking, while students with medium and low ability showed limitations in several indicators. This study emphasizes the need to improve computational thinking learning through an interactive and structured approach, in order to strengthen basic concepts, problem-solving strategies, and students' analytical and critical skills. This effort is expected to improve their ability to solve mathematical problems, especially SPLDV.

Downloads

Published

2025-04-25