Penalaran Analogi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Menyederhanakan Bentuk Aljabar

Authors

  • Yulianti Agustina Universitas Islam Negeri Mataram
  • Kristayulita Kristayulita Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Daut Siagian Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i2.733

Keywords:

Penalaran Analogi, Bentuk Aljabar, Pembelajaran Matematika, Penyederhanaan, Calon Guru

Abstract

Abstrak: Penalaran analogi merupakan keterampilan kognitif yang penting dalam memahami konsep-konsep matematika. Dalam konteks pendidikan, siswa sering dihadapkan pada materi yang kompleks, khususnya dalam pembelajaran aljabar. Bagi calon guru matematika, kemampuan menggunakan penalaran analogi dalam menyederhanakan bentuk aljabar sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi mahasiswa dalam menyederhanakan bentuk aljabar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian tiga mahasiswa semester dua Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa umumnya mampu mengikuti tahapan penalaran analogi, yaitu pengkodean, penarikan kesimpulan, pemetaan, dan penerapan dalam menyelesaikan masalah matematika. Namun, terdapat variasi kemampuan pada tiap tahapan, terutama dalam mengidentifikasi kesamaan konsep antara masalah sumber dan masalah target. Temuan ini menegaskan pentingnya penalaran analogi dalam pembelajaran aljabar serta perlunya penguatan pemahaman konsep matematika pada calon guru.

Abstract: Analogical reasoning is a crucial cognitive skill in understanding mathematical concepts. In educational settings, students often encounter complex material, particularly in algebra. For prospective mathematics teachers, the ability to utilize analogical reasoning when simplifying algebraic expressions is essential. This study aims to describe students' analogical reasoning in simplifying algebraic forms. A descriptive qualitative approach was employed, involving three second-semester students from the Mathematics Tadris Study Program at the State Islamic University of Mataram. The findings indicate that students are generally able to follow the stages of analogical reasoning—encoding, inferring, mapping, and applying—when solving mathematical problems. However, their performance varies across each stage, especially in recognizing conceptual similarities between source and target problems. These results highlight the importance of analogical reasoning in algebra learning and the need to strengthen conceptual understanding among pre-service mathematics teachers.

Downloads

Published

2025-04-25