Gamifikasi Sebagai Peningkatan Pengetahuan dan Partisipasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v5i2.523Keywords:
Gamifikasi, Numerasi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Abstrak Tujuan penelitian ini memberikan gambaran mengenai implementasi konsep gamifikasi. Penggunaan gamifikasi dalam memacu motivasi siswa untuk belajar dengan kompetitif dan menyenangkan. Metodologi yang digunakan dalam mempelajari efek elemen dalam game untuk pendidikan. Penelitian yang menitikberatkan proses belajar mengajar siswa sekolah dasar dengan materi numerasi operasi hitung melibatkan unsur dari permainan. Penggunaan gamifikasi dalam media pendidikan di sekolah dasar memberikan manfaat yang besar. Siswa yang merasakan metode gamifikasi lebih memiliki motivasi belajar, interaksi dengan pengguna, dan efek sosial lainnya. Elemen gamifikasi seperti poin, lencana, peringkat dan level telah digunakan dalam e-learning. Sehingga penelitian menggunakan metode gamifikasi diperlukan sebagai prosedur yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran numerasi.
Abstract The purpose of the study is to provide an overview of the implementation of the concept of gamification. The use of gamification in stimulating students' motivation to learn in a competitive and fun way. Methodology used in studying the effects of in-game elements for education. Research that focuses on the teaching and learning process of elementary school students with arithmetic operations numeracy material involves elements of the game. The use of gamification in educational media in primary schools provides great benefits. Students who feel the gamification method is more motivated to learn, interact with users, and other social effects. Gamification elements such as points, badges, rankings and levels have been used in e-learning. So that research using the gamification method is needed as a procedure carried out to achieve the goals of numeracy learning.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.