Analisis Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Salo Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v8i1.747Keywords:
Gaya Kognitif, Group Embedded Figures Test (GEFT), Kemampuan Representasi MatematisAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Salo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik purposive sampling, di mana kelas VII-3 dipilih sebagai sampel. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan hasil tes Group Embedded Figures Test (GEFT) yang terdiri dari enam siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes tertulis untuk mengukur kemampuan representasi matematis, tes GEFT untuk mengidentifikasi gaya kognitif, serta lembar wawancara untuk memperdalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi semua indikator representasi matematis, yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal. Sementara itu, siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi indikator representasi visual dan verbal. Simpulan dari penelitian ini adalah gaya kognitif berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah guru perlu memperhatikan gaya kognitif siswa dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis.
Abstract: This study was motivated by the low mathematical representation ability of students in mathematics. The purpose of this study was to analyze and describe students' mathematical representation ability in terms of cognitive style in the material of flat-sided solid shapes at SMP Negeri 1 Salo in the 2023/2024 academic year. This study used a qualitative method with a purposive sampling technique, where class VII-3 was selected as a sample. The research subjects were determined based on the results of the Group Embedded Figures Test (GEFT) consisting of six students. The instruments used included a written test to measure mathematical representation ability, a GEFT test to identify cognitive style, and an interview sheet to deepen the data. The results showed that students with a field independent cognitive style were able to meet all indicators of mathematical representation, namely visual, symbolic, and verbal representation. Meanwhile, students with a field dependent cognitive style were only able to meet the indicators of visual and verbal representation. The conclusion of this study is that cognitive style affects students' mathematical representation ability. The implication of this study is that teachers need to pay attention to students' cognitive styles in the learning process to improve mathematical representation abilities.