Penerapan pendekatan metode ekspositori untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII

Authors

  • Maya Da Al Ismi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang
  • Zulhendri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v8i1.753

Keywords:

Ekspositori, Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan metode ekspositori pada mata pelajaran matematika efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Yang dilaterbelakangi rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Berdasarkan perhitungan uji-t pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan t-test nilai  yang diperoleh   dengan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti  ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode ekspositori berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

 

Abstract: This research aims to determine whether the application of the expository method approach in mathematics lessons is effective for students' mathematical conceptual understanding. The study is motivated by the low level of students' conceptual understanding in learning mathematics. This research employs a quantitative approach with an experimental design. The sample in this study consists of Class VIIIA as the experimental group and Class VIIIB as the control group. The sampling technique used is Simple Random Sampling. Based on the t-test calculation of students' mathematical conceptual understanding between the experimental and control classes, the obtained t-value with sig (2-tailed) is 0.000 < 0.05, indicating that ​ is rejected and is accepted. It can be concluded that learning through the application of the expository method influences the mathematical conceptual understanding of Class VIII students compared to conventional learning.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles