Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salo
Keywords:
Pengaruh, Kemampuan Pemahaman Konsep, Problem Based LearningAbstract
Abstrak: Siswa yang mengalami kesulitan memahami ide matematika dan yang menggunakan metode pembelajaran yang tidak jauh berbeda satu sama lain adalah mereka yang menginspirasi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran Problem Based Learning (PBL) mempengaruhi kemampuan siswa di SMP Negeri 1 Salo untuk memahami ide matematika. Desain quasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol nonequivalent digunakan untuk pekerjaan ini. Mereka semua adalah anak-anak dari kelas VIIA di SMP Negeri 1 Salo yang mengambil bagian dalam penelitian ini. Dua kelas, kelas VIIA (kelas eksperimen) dan kelas VIIB (kelas kontrol), membentuk kelompok penelitian. Nilai sig dua sisi uji t adalah 0,010 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Artinya, H₀ dan H₁ keduanya salah. Hal ini membuktikan model Problem-Based Learning sangat bermanfaat untuk membantu siswa lebih memahami konsep matematika. Seiring dengan itu, hasil uji N-Gain Score kelas eksperimen menunjukkan kenaikan sebesar 58% sehingga masuk dalam kelompok cukup efektif. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan model Problem-Based Learning untuk pembelajaran matematika merupakan cara yang baik untuk membantu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salo lebih memahami konsep matematika.
ideas and who use learning methods that are not much different from each other are the ones who inspire this study. The purpose of this study was to determine how the Problem Based Learning (PBL) teaching method affects the ability of students at SMP Negeri 1 Salo to understand mathematical ideas. A quasi-experimental design with a nonequivalent control group design was used for this work. They were all children from class VIIA at SMP Negeri 1 Salo who took part in this study. Two people, class VIIA (experimental class) and class VIIB (control class), formed the research group. The two-sided sig value of the t-test was 0.010 which means it is smaller than 0.05. This means that H₀ and H₁ are both wrong. This proves that the Problem-Based Learning model is very useful for helping students better understand mathematical concepts. Along with that, the results of the N-Gain Score test of the experimental class showed an increase of 58% so that it was included in the fairly effective group. Based on this, the use of the Problem-Based Learning model for mathematics learning is a good way to help grade VII students of SMP Negeri 1 Salo better understand mathematical concepts.