Pengembangan E-Modul Analisis Real Pada Topik Barisan Cauchy Berbasis Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v8i1.760Keywords:
E-modul, Barisan Cauchy, Analisis Real, Pendekatan SaintifikAbstract
Abstrak: Topik barisan Cauchy dalam mata kuliah Analisis Real seringkali dianggap abstrak dan sulit dipahami oleh Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis pendekatan saintifik yang dapat membantu Mahasiswa memahami konsep barisan Cauchy secara lebih mendalam dan menarik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga tahap develop. Uji coba lapangan dilakukan kepada 25 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, grafis, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul mendapat penilaian sangat layak pada seluruh aspek dengan persentase 88% (materi), 100% (grafis), dan 100% (bahasa). Respon Mahasiswa terhadap konstruksi modul juga menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 85,4%. Temuan ini menunjukkan bahwa e-modul Barisan Cauchy yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang mendukung pembelajaran mandiri berbasis teknologi.
Abstract: The topic of Cauchy sequences in Real Analysis courses is often perceived as abstract and difficult to grasp by students. This study aims to develop a scientific-approach-based e-module to help students understand the concept of Cauchy sequences more deeply and engagingly. The research employed a Research and Development (R&D) method using the 4-D development model, limited to the develop stage. The research subjects were 25 students from the Mathematics Education Program at Universitas Negeri Medan. Validation was conducted by subject matter experts, graphic design experts, and language experts, followed by field testing with students. The validation results indicated that the e-module was highly feasible in all aspects, with scores of 88% (content), 100% (graphics), and 100% (language). Student responses to the module construction also showed a feasibility level of 85.4%. These findings suggest that the developed Cauchy Sequence e-module is a suitable alternative learning medium that supports independent, technology-based learning.