Transformasi Geometri dalam Pola Lantai Tari Dayak (Flying High)
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v8i1.770Keywords:
Transformasi Geometri, Pola Lantai, Etnomatematika, Tari Dayak, Etnografi VisualAbstract
Abstrak Studi ini bertujuan untuk menganalisis transformasi geometri yang muncul secara alami dalam pola lantai Tari Dayak Flying High menggunakan pendekatan etnografi visual. Melalui metode observasi video tari dan dokumentasi visual, peneliti mengidentifikasi bentuk-bentuk transformasi geometri seperti translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi dalam koreografi tari. Pola-pola ini tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetika tetapi juga mencerminkan nilai-nilai budaya masyarakat Dayak yang kaya akan makna simbolis. Hasil studi menunjukkan bahwa pola lantai dalam tari mencerminkan konsep matematika yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran dalam etnomatematika. Studi ini memperkuat pemahaman bahwa seni tari tradisional memiliki potensi sebagai media untuk mengembangkan literasi matematika yang berbasis pada budaya lokal.
Abstract. This study aims to analyze the geometric transformations that appear naturally in the floor pattern of the Dayak Flying High Dance using a visual ethnographic approach. By observation methods of dance videos and visual documentation, the researcher identified forms of geometric transformations such as translation, reflection, rotation, and dilation in dance choreography. These patterns not only function as aesthetic elements but also represent the cultural values of the Dayak people which are full of symbolic meaning. The study results show that the floor pattern in dance reflects mathematical concepts that can be used as a source of learning in ethnomathematics. This study strengthens the understanding that traditional dance arts have the potential as a medium for developing mathematical literacy based on local culture.