Penerapan Model Problem Based Learning dengan Snowball Throwing pada Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 2 Tompaso
Keywords:
Model Problem Based Learning, Snowball Throwing, Aritmatika SosialAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dikombinasikan dengan strategi Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen post-test only control group yang melibatkan 40 siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi dengan reliabilitas 0,87 (kategori tinggi). Analisis uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal (sig. 0,076 untuk kelas eksperimen dan 0,089 untuk kelas kontrol) dan homogen (sig. 0,324). Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menghasilkan nilai t-hitung sebesar 8,781 lebih tinggi dibandingkan t-tabel sebesar 1,686, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hal ini juga diperkuat oleh perbedaan rata-rata hasil belajar siswa, dimana kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dengan strategi Snowball Throwing memperoleh nilai rata-rata 84,25, sementara kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya mencapai 38,50. Dengan demikian, penerapan model PBL dengan Snowball Throwing terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi Aritmatika Sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tompaso.
Abstract This study aims to examine the effectiveness of the application of Problem Based Learning (PBL) model combined with Snowball Throwing strategy on student learning outcomes on Social Arithmetic material. The research used a quantitative approach with a quasi-experimental post-test only control group design involving 40 students as samples. The sampling technique used purposive sampling. The research instrument was a learning achievement test that had been validated with a reliability of 0.87 (high category). Prerequisite test analysis showed that the data were normally distributed (sig. 0.076 for the experimental class and 0.089 for the control class) and homogeneous (sig. 0.324). Hypothesis testing using independent sample t-test resulted in a t-value of 8.781 higher than the t-table of 1.686, indicating a significant difference between the two groups. This is also reinforced by the difference in the average student learning outcomes, where the experimental class using the PBL model with the Snowball Throwing strategy obtained an average score of 84.25, while the control class using conventional learning only reached 38.50. Thus, the application of the PBL model with Snowball Throwing proved to be effective in improving the learning outcomes of Social Arithmetic material in class VII students of SMP Negeri 2 Tompaso.

