Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dalam Meningkatkan Hasil Belajar: Sebuah Meta Analisis
Keywords:
Adobe Flash, Android, Learning MediaAbstract
Abstrak: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Meta-analisis yang berujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas atau kualitas Adobe Flash dalam pembelajaran matematika berbasis android, termasuk pada tingkat jenjang SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Kualitas tersebut diteliti dari beberapa hasil penelitian terdahulu, dimana data dikumpulkan dengan syarat dan ketentuan inklusi dan ekskulisi dari database Google Scholar, DOAJ, dan Scopus. Hasil penelusuran ditemukan sebanyak 30 data yang memenuhi syarat dengan jumlah siswa (N), nilai F-hitung, nilai t-hitung, dan nilai r-hitung. Hasil analisis data yang diperoleh dari simulasi software JASP menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan terhadap media pembelajaran matematika berbasis android sebesar 63,3% yang termasuk kategori sedang. Pada variabel moderator jenjang pendidikan yang paling tinggi pengaruh penggunaan Adobe Flash yakni jenjang SD dengan estimasi pengaruhnya sebesar 67%.
Abstract: The type of research used is Meta-analysis research that agrees to find out the level of effectiveness or quality of Adobe Flash in android-based mathematics learning, including at the elementary, junior high, high and college levels. These qualities are researched from several previous research results, where data is collected with terms and conditions of inclusion and expiration from the Google Scholar, DOAJ, and Scopus databases. Search results found as many as 30 eligible data with the number of students (N), F-count grades, t-count scores, and r-count scores. The results of data analysis obtained from JASP software simulations showed that a significant influence on android-based mathematics learning media amounted to 63.3% which belonged to the medium category. In the variable moderators of the highest level of education, the influence of using Adobe Flash is the elementary level with an estimated influence of 67%.