Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi: Islam dalam Matematika

Authors

  • Wahyuning Widiyastuti Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Naili Lumaati Noor Institut Agama Islam Negeri Kudus

Keywords:

Pengembangan;, Modul;, Islam dalam Matematika;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar 1) tersedianya modul belajar "Islam dalam Matematika" untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas VII dan 2) tersedianya modul belajar "Islam dalam Matematika" yang mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan nilai keislaman. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Subjek pada uji coba sebanyak 27 peserta didik kelas VII di salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kudus tahun 2021. Teknik analisis data menggunakan kriteria penilaian ideal. Penelitian ini menghasilkan: 1) modul pembelajaran yang dihasilkan berisi materi Islam dalam Matematika untuk kelas VII dan 2) hasil uji kelayakan media pembelajaran matematika oleh ahli media sebesar 80,5% (sangat layak). Uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 90% (sangat layak). Hasil uji kelayakan media pembelajaran matematika pada uji coba oleh peserta didik sebesar 82,6% (sangat layak) artinya modul “Islam dalam Matematika” dapat digunakan sebagai modul pembelajaran  dalam proses belajar mengajar.
Abstract: This research aims to 1) the availability of the "Islam in Mathematics" learning module to improve the quality of mathematics learning for grade VII and 2) the availability of the "Islam in Mathematics" learning module that integrates mathematics learning with Islamic values. This research method is RnD (Research and Development) with ADDIE model. The subjects in the trial were 27 students of class VII at one of the Madrasah Tsanawiyah (MTs) in Kudus in 2021. The data analysis technique used the ideal assessment criteria. This study resulted in: 1) the resulting learning module contains Islamic material in Mathematics for class VII and 2) the results of the feasibility test of mathematics learning media by media experts of 80.5% (very feasible). The feasibility test by material experts is 90% (very feasible). The results of the feasibility test of mathematics learning media on trials by students of 82.6% (very feasible) meaning that "Islam in Mathematics" module it can be used as a learning module in the teaching and learning process.

Downloads

Published

2023-02-03