Pengaruh Kecerdasan Spasial Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Authors

  • Linda Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syaharuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Vera Mandailina Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mahsup Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Abdillah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Putri Ayu Febriani Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i2.683

Keywords:

Spatial intelligence, student mathematical reasoning

Abstract

Abstrak: Kemampuan penalaran matematis siswa dapat dipengaruhi oleh barbagai faktor, sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh kecerdasan spasial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan jenis penelitian Kuantitatif tipe meta-analisis dengan mereview dan mengkaji dan menganalisis hasil-hasil artikel yang dipublikasi secara nasional menurut kriteria inklusi dan eksklusi yang di unduh melalui google scholar. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh kecerdasan spasial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dibuktikan dengan tingkat akuransi rata-rata sebesar 71% (0.71) sehingga masuk pada kategori efek sedang dan nilai standar error sebesar 0.092. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh, akan tetapi pada penlitian selanjutnya diharapkan untuk meneliti lebih mendalam menggunkan variabel yang berbeda.

Abstract: Students' mathematical reasoning ability can be influenced by various factors, so this study aims to determine the level of influence of spatial intelligence on students' mathematical reasoning ability using quantitative research type meta-analysis by reviewing and reviewing and analyzing the results of nationally published articles according to inclusion and exclusion criteria downloaded through google scholar. This study found that there is an effect of the influence of spatial intelligence on students' mathematical reasoning ability as evidenced by the average level of insurance of 71% (0.71) so that it falls into the category of moderate effect and the standard error value of 0.092. In this study shows that there is an influence, but in further research it is expected to examine more deeply using different variables.

Published

2023-11-30