Pengembangan Modul Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Keywords:
Discovery Learning, Modul;, SPLDVAbstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu: Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Namun dalam penelitian ini hanya meliputi Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan). Produk yang dikembangkan berupa modul pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas VIII dengan memuat langkah-langkah dalam Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian modul oleh ahli untuk mengukur kevalidan modul, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan modul, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan penggunaan modul. Abstract: This research is a development research aimed at describing product quality in terms of validity, practicality, and effectiveness. The procedure in this development uses a 4-D development model, namely: Define, Design, Develop, and Disseminate. But in this study only includes Define (definition), Design (planning), Develop (development). The product developed in the form of a module in the material system of two-variable linear equations for class VIII students by taking the steps in Discovery Learning. The instruments used in this study are module assessment sheets by experts to measure module validity, student response questionnaires to measure module practicality, and learning outcomes tests to measure the effectiveness of module use.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.