Penerapan Dynamic Software Geogebra Dan Cabri 3D Dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Dynamic Software;, Geogebra;, Cabri 3D;, Matematika;Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi dynamic software GeoGebra dan Cabri 3D dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah terelaborasinya dynamic software GeoGebra dan Cabri 3D sebagai perangkat lunak dinamis dengan beragam fitur yang dimiliki sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengeksplorasi, memvisualkan, dan mengonstruksi konsep-konsep matematika serta dapat menjadi alat bantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. GeoGebra memiliki fitur yang lebih banyak daripada Cabri 3D seperti dapat mengeksplorasi konsep aljabar, geometri 2D, geometri 3D, kalkulus, matriks, vektor, dan statistika. Cabri 3D hanya dapat digunakan untuk mengeksplorasi konsep geometri 2D dan geometri 3D. Abstract: This study aims to elaborate on the dynamic software GeoGebra and Cabri 3D in mathematics learning. The research method used is library research. This study uses the documentation method for collecting the data. The data analysis technique is content analysis. The results of this research are the collaboration of GeoGebra and Cabri 3D dynamic software as dynamic software with various features that can be used in mathematics learning to explore, visualize, and construct mathematical concepts and can be a tool in improving the quality of learning. GeoGebra has more features than Cabri 3D as it can explore the concepts of algebra, 2D geometry, 3D geometry, calculus, matrices, vectors, and statistics. Cabri 3D can only be used to explore the concepts of 2D geometry and 3D geometry.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.