Analisis Kesulitan Menyusun Instrumen Tes Pada Penilaian Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i2.677

Keywords:

Kesulitan;, Matematika;, Menyusun Instrumen Tes;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam menyusun instrumen tes, serta mengetahui faktor penyebab mahasiswa mengalami kesulitan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 28 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Penilaian Pembelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesulitan mahasiswa dalam menyusun instrumen tes, baik tes pilihan ganda maupun uraian. Pada penyusunan tes pilihan ganda, mahasiswa kesulitan dalam menentukan cakupan materi, membuat kisi-kisi, menyusun indikator soal, membuat kalimat soal (stem), membuat pilihan jawaban dan membuat pengecoh. Pada penyusunan tes uraian, mahasiswa kesulitan dalam menentukan cakupan materi, menyusun indikator soal, membuat kalimat soal, menentukan jumlah soal, menentukan waktu pengerjaan soal dan menentukan penskoran kunci jawaban. Kesulitan yang paling banyak dihadapi oleh mahasiswa dalam menyusun tes uraian adalah menentukan cakupan materi, yang disebabkan karena materi yang dipelajari banyak namun soal yang dibuat hanya sedikit.

Abstract: This research aims to analyze students' difficulties in compiling test instruments, as well as finding out the factors that cause students to experience these difficulties. The type of research used is evaluation research with a qualitative approach. The research subjects consisted of 28 students taking the Mathematics Learning Assessment course. Data collection techniques were carried out using observation, documentation and interviews. The data analysis technique was carried out using descriptive analysis. The research results show that there are difficulties for students in compiling test instruments, both multiple choice and essay tests. When preparing multiple choice tests, students have difficulty determining the scope of the material, making grids, arranging question indicators, making question sentences (stems), making answer choices and creating distractions. When preparing essay tests, students have difficulty determining the scope of the material, compiling question indicators, making question sentences, determining the number of questions, determining the time for completing questions and determining the scoring of answer keys. The most difficult thing faced by students in preparing essay tests is determining the scope of the material, which is because a lot of material is studied but only a few questions are created.

Downloads

Published

2023-11-30