Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Peluang
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i2.730Keywords:
Kesulitan Belajar, Menyelesaikan Soal, PeluangAbstract
Abstrak: Peserta didik sering menghadapi sejumlah tantangan ketika mereka mengatasi masalah matematika. Salah satu hambatan utama yang dihadapi oleh peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika adalah kekurangan kemampuan mereka dalam mengaitkan konsep untuk memecahkan masalah yang didasarkan pada cerita. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa semester VI dalam menyelesaikan soal peluang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 mahasiswa semester 6 Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa masih kesulitan melakukan dalam menyelesaikan soal peluang. Kesulitan tersebut yaitu kurang memahami konsep dasar peluang dan lupa dengan rumus peluang sehingga keliru dalam menyelesaikan soal. Kesulitan-kesulitan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi dosen untuk mempebaiki proses pembelajaran di kelas, baik dari metode, strategi, model maupun media pembelajaran agar mahasiswa dengan lebih mudah memahami konsep materi dan tidak kesulitan dalam belajar.
Abstract: Learners often face a number of challenges when they tackle math problems. One of the main obstacles faced by students in solving mathematical problems is their lack of ability to relate concepts to solving problems based on stories. Based on these problems, researchers conducted research to describe the difficulties of sixth semester students in solving opportunity questions. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The subjects in this research were 2 6th semester students of the Mathematics Education Department, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, Mataram State Islamic University. The data collection method uses the test method and interview method. Based on the research results and data analysis that have been described, it can be concluded that students still have difficulty solving opportunity questions. These difficulties include not understanding the basic concept of probability and forgetting the probability formula so that they make mistakes when solving problems. These difficulties can be used as evaluation material for lecturers to improve the learning process in class, both in terms of methods, strategies, models and learning media so that students can more easily understand the concepts of the material and have no difficulty in learning.