Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bangkinang

Authors

  • Yasinta Rahman Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang
  • Zulhendri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulfah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v8i1.752

Keywords:

Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari gaya belajar di SMP Negeri 1 Bangkinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 3 orang siswa kelas VIII B yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, masing-masing mewakili gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik berdasarkan hasil angket gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian berupa angket gaya belajar, soal tes pemahaman konsep matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual lebih memahami konsep melalui gambar dan representasi visual, siswa auditori melalui penjelasan verbal, dan siswa kinestetik melalui kegiatan fisik atau praktik langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap cara siswa memahami konsep matematika, sehingga guru disarankan untuk menyesuaikan strategi pembelajaran dengan gaya belajar siswa guna meningkatkan pemahaman konsep mereka.

Abstract: This study aims to analyze students' mathematical concept understanding ability in terms of learning styles at SMP Negeri 1 Bangkinang. This study uses a descriptive qualitative approach. The research sample consisted of 6 students of class VIII B who were selected using purposive sampling techniques, each representing visual, auditory, and kinesthetic learning styles based on the results of the learning style questionnaire. Data collection techniques used were questionnaires, tests, interviews and observations. The research instruments were in the form of learning style questionnaires, mathematical concept understanding test questions, and interview guidelines. The results showed that students with visual learning styles better understand concepts through pictures and visual representations, auditory students through verbal explanations, and kinesthetic students through physical activities or direct practice. These findings indicate that learning styles affect the way students understand mathematical concepts, so teachers are advised to adjust learning strategies to students' learning styles in order to improve their conceptual understanding.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles