Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa
Keywords:
Prestasi Belajar;, Minat;Abstract
Abstrak: Adaupun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa di Madrasah Tsanawiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan 49 orang sebagai populasinya. Dari hasil temuan dan pembahasan diketahui bahwa minat belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan rata-rata skor yang dicapai 71,80. Adapun rata-rata nilai prestasi belajar siswa 63,24, maka dapat dikategorikan dalam kategori sedang. Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis, skor kontribusi minat terhadap prestasi 0,01% dengan katagori sedang. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa di madrasah tsanawiyah dengan angka koefisien korelasi sebesar 0.106 sehingga pengaruhnya sangat rendah. Abstract: If the purpose of this research is to find out if there is a learning interest relationship with students ' mathematical achievement in Madrasah Tsanawiyah. The research method used in this study is quantitative research with 49 people as its population. From findings and discussion it is known that students ' learning interests are in medium to average the score reached 71.80. As for the average learning achievement value of 63.24 students, it can be categorized in medium category. Furthermore, based on the hypothesis test, the contribution scores interest in the 0.01% achievement with the category of medium. Thus, it can be concluded that there is a learning interest relationship with the student's mathematical achievement in the Madrasah MTS with a correlation coefficient number of 0106 so that the effect is very low.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.