Deskripsi Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap Soft Skills Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Manado
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v8i1.740Keywords:
MBKM, Program Kampus Mengajar, Soft SkillsAbstract
Abstrak: Program Kampus Mengajar tidak hanya memiliki fokus pada peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di sekolah penugasan, tetapi juga berfokus pada pengembangan Soft Skills mahasiswa. Soft Skills sangat diperlukan bagi mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa Sarjana Pendidikan yang dipersiapkan untuk menjadi seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan Soft Skills mahasiswa dan Soft Skills apa yang mengalami peningkatan paling signifikan setelah mahasiswa mengikuti Program Kampus Mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan data yang dikumpulkan dengan angket yang diisi oleh responden yaitu mahasiswa aktif Jurusan Matematika Universitas Negeri Manado yang pernah mengikuti program Kampus Mengajar dan dianalisis dengan menggunakan analisis data skala likert. Dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa selama dan setelah mengikuti program kampus mengajar, mahasiswa mengalami peningkatan Soft Skill dari 5 indikator yang dinilai yakni Kepemimpinan (Leadership), Pemecahan Masalah (Problem Solving), Komunikasi (Communication), Manajemen Waktu (Time Management) dan Rasa Percaya Diri (Self-confidence). dengan Soft Skills yang mengalami peningkatan yang paling signifikan adalah Kepemimpinan.
Abstract: Program Kampus Mengajar tidak hanya memiliki fokus pada peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di sekolah penugasan, tetapi juga berfokus pada pengembangan Soft Skills mahasiswa. Soft Skills sangat diperlukan bagi mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa Sarjana Pendidikan yang dipersiapkan untuk menjadi seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan Soft Skills mahasiswa dan Soft Skills apa yang mengalami peningkatan paling signifikan setelah mahasiswa mengikuti Program Kampus Mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan data yang dikumpulkan dengan angket yang diisi oleh responden yaitu mahasiswa aktif Jurusan Matematika Universitas Negeri Manado yang pernah mengikuti program Kampus Mengajar dan dianalisis dengan menggunakan analisis data skala likert. Dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa selama dan setelah mengikuti program kampus mengajar, mahasiswa mengalami peningkatan Soft Skill dari 5 indikator yang dinilai yakni Kepemimpinan (Leadership), Pemecahan Masalah (Problem Solving), Komunikasi (Communication), Manajemen Waktu (Time Management) dan Rasa Percaya Diri (Self-confidence). dengan Soft Skills yang mengalami peningkatan yang paling signifikan adalah Kepemimpinan.