Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Zohraul Walihah
  • Yandika Nugraha Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i2.724

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Bangun Datar, Mahasiswa

Abstract

Abstrak: Kemampuan representasi memungkinkan mahasiswa menemukan solusi yang efektif untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatatif jenis studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan pada materi bangun datar. Indikator kemampuan representasi matematis dikategorikan ke dalam tiga bentuk representasi, yaitu verbal, visual, dan simbolik. Subjek penelitian adalah 3 orang mahasiswa semester dua program studi tadris matematika di Universitas Islam Negeri Mataram.  Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang terdiri dari tiga soal. Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara tidak terstruktur. Sedangkan untuk menganalisis data, digunakan teknik analisis mengikuti pendekatan Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi simbolik mahasiswa berada pada kategori tinggi, diikuti oleh kemampuan representasi verbal pada kategori sedang, dan representasi visual pada kategori rendah.

Abstract: Representation skills enable students to find effective solutions to solve the problems they face.  This research uses a qualitative case study type approach which aims to describe students' mathematical representation abilities in solving problems in plane material. Indicators of mathematical representation ability are categorized into three forms of representation, namely verbal, visual and symbolic.  The research subjects were 3 second semester students of the Tadris Mathematics study program at Mataram State Islamic University. The instrument used is a description test consisting of three questions.  Data collection techniques using unstructured tests and interviews.  Meanwhile, to analyze the data, analysis techniques were used following the Miles and Huberman approach which consisted of data reduction, data presentation and conclusion drawing.  The results showed that students' symbolic representation abilities were in the high category, followed by verbal representation abilities in the medium category, and visual representation abilities in the low category.

Downloads

Published

2025-04-25