Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Adversity Quotient

Authors

  • Rahel Juliana Nababan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sutriyono Universitas Kristen Satya Wacana
  • Fika Widya Pratama Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Pemecahan Masalah;, Matematika;, Adversity Quotient;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berdasarkan tahapan polya ditinjau dari adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIIIB di SMP Kristen Satya Wacana tahun ajaran 2018/2019, yaitu satu siswa climber (AQ tinggi), camper (AQ sedang), dan quitter (AQ rendah). Data pada penelitian ini diperoleh melalui tiga metode yaitu metode pemberian angket, metode tes dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa climber dalam memahami masalah, mampu menyebutkan seluruh informasi dan menjelaskan kembali masalah menggunakan bahasanya sendiri, kemudian merencanakan langkah pemecahan masalah, membuat alternatif rencana penyelesaian, menuliskan langkah penyelesaian secara runtut dan jelas, dan melakukan pemeriksaan kembali. Kemampuan siswa camper dalam memahami masalah adalah tidak menyebutkan seluruh informasi dan menjelaskan kembali masalah menggunakan bahasanya sendiri, kemudian merencanakan langkah pemecahan masalah, tidak menuliskan langkah penyelesaian secara rinci, dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. Kemampuan siswa quitter dalam memahami masalah adalah tidak menuliskan informasi secara lengkap dan menjelaskan kembali masalah menggunakan bahasanya sendiri, kemudian mengalami kesulitan dalam merencanakan langkah penyelesaian dan kesulitan menuliskan langkah penyelesaian, serta tidak melakukan pemeriksaan kembali. Abstract: This study aimed to describe the skill of junior high school student’s mathematical problem solving based on the type of AQ. This study is a qualitative-descriptive study. Subjects in this study are students of class VIIIB in SMP Kristen Satya Wacana academic year of 2018/2019, that is climber, camper, and quitter. The data in this study were obtained through three methods, that was questionnaires, test and interview. The results showed that the skill of climber student in understanding problems were mentioning all the information in the problem completely and reiterated the given problem using his own language, and making a plan first to solve the problems, making an alternative solution, writing down the steps to resolve in a coherent and clear answer, and re-examining the solution. Skill of camper student in understanding problems were not mentioning all the information in the problems and reiterated the given problem by using his own language, and planning first the troubleshooting steps, writing less detailed steps to resolve, and not checking back the solution. Skill of quitter student in understanding problems were not writing down the information in complete and reiterated the given problem by using his own language, and having a difficulty in planning steps to solve the problems, having a difficulty in writing the completion of the steps, and not re-examining the solution.

Downloads

Published

2021-08-07