Proses Metakognitif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Memilih Operasi Bilangan Pecahan
Keywords:
Metakognitif;, Pemecahan Masalah Matematika;, Bilangan Pecahan;Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan proses metakognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika terutama pada penentuan operasi bilangan pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa SD kelas VI sebanyak dua orang dengan tingkat kemampuan kognitif tinggi dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah soal pemecahan masalah dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan kognitif rendah dan tinggi mampu memahami konsep dasar bilangan pecahan, mampu memilih operasi bilangan yang tepat tetapi cara mendeskripsikan permasalahannya berbeda. Siswa masih berpaku pada konsep yang diajarkan sebelumnya tanpa mengetahui esensi dari pemilihan strategi operasi bilangan pecahan tersebut. Abstract: This research describes the student metacognition process of choice operation of fraction in problem solving. This research using qualitative approach. The subjects consisted of two students in VI class, they were in the lower and upper grade. Instruments in this research is question of mathematical problem solving test and interview guide. The result of this research is the lower and upper grade can understand the concept of fraction, choose the correct operation and show different description. Students still stuck to the concept taught before without knowing the true principle of fraction operation strategy.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.