Evaluasi Program Pembelajaran Matematika Kelas X Di SMA Negeri Kabupaten Lombok Tengah

Authors

  • Rini Muliani Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Riana Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Malik Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama NTB

Keywords:

Evaluasi Program;, Pembelajaran Matematika;, Countenance Stake;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Countenance Stake, dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah divalidasi dengan menggunakan validitas isi dan validitas konstrak. Setelah melakukan analisis, maka instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelengkapan komponen pada rencana pelaksanaan pembelajaran Matematika kelas X berada dalam kategori sangat baik, sedangkan kesesuaiannya dengan silabus berada dalam kategori cukup baik. (2) pelaksanaan pembelajaran Matematika kelas X berada dalam kategori baik. (3) pelaksanaan penilaian pembelajaran Matematika juga berada dalam kategori baik. (4) hasil belajar peserta didik sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Abstract: This research was an evaluation research using Countenance Stake model, with quantitative descriptive approach. Data collection techniques used observation techniques, questionnaires, and documentation. The instrument used in this research has been validated by using the validity of the content and the validity of the constants. After performing the analysis, the instrument is declared valid and reliable so it can be used as a measuring tool in this. Data analysis technique used is descriptive quantitative. The result of the research showed that (1) Completeness of the components in the implementation plan of learning Mathematics class X is in very good category, while its compatibility with syllabus is in good enough category, (2) the implementation of class X mathematics learning was in good category, (3) the implementation of Mathematics learning assessment was also in good category, and (4) the learning outcomes of learners already met the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM).

Downloads

Published

2021-08-07