Eksplorasi Berpikir Fungsional Siswa dengan Gaya Belajar Assimilator
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i1.619Keywords:
Berpikir fungsional; , Gaya belajar Kolb; , AssimilatorAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir fungsional siswa dengan gaya belajar assimilator. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini melibatkan 31 siswa kelas 8 MTsN di Mataram, Indonesia. Instrument yang digunakan adalah Kolb Learning Style Inventory (KLSI) untuk memperoleh data gaya belajar siswa dan tes berpikir fungsional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 siswa terdapat 4 siswa dengan gaya belajar assimilator. Siswa dengan gaya belajar assimilator mampu berpikir fungsional dengan melakukan generalisasi dan representasi hubungan dua kuantitas. Kemampuan generalisasi dilakukan dengan strategi rekursif dan known formula. Siswa juga merepresentasikan hubungan dua kuantitas secara verbal dan simbolik.
Abstract: This study aims to described functional thinking of students with assimilator learning style. This study used qualitative approach with case study method. It involved 31 of eight grade of MTsN in Mataram, Indonesia. Instrument used consist of Kolb Learning Style Inventory (KLSI) and functional thinking test. Data was collected by questionnaire, test, and interviews. The finding showed that students with assimilator were able in functional thinking by generalizing and representing the relationship of two quantities. Generalization of relationship of two quantities was conducted by recursive and known formula strategy. Students was also represented the relationship of two quantities verbally and symbolically.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.