Pendekatan Matematika Berbasis Matematika Terintegrasi Pada Materi Mengenal Bilangan

Authors

  • Riana Riana Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Dedy Sofian MZ Universitas Nahdlatul Ulama NTB

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS); Matematika Terintegrasi; Sekolah Dasar; Mengenal Bilangan.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran matematika terintegrasi agar memudahkan siswa dalam mempelajari bilangan bulat dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama agar peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SDN Rarung yang beralamat di Desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di SDN Rarung. Hasil penelitian ini yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika terintegrasi pada materi mengenal bilangan, berdasarkan hasil validasi ahli menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan valid. Selanjutnya dilakukan uji efektifitas pada siswa SDN Rarung sebanyak 16 orang. Berdasarkan hasil analisis menujukkan bahwa 63% Siswa tuntas dalam memahami materi mengenal angka, hal ini berarti Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika terintegrasi pada materi mengenal bilangan efektif untuk digunakan.

Abstract This research aims to devlop strategic learning of mathematic integration to make it easier for students to learn integers by integrating religious values so that students become human beings who have faith, are devoted to God Almighty, and have a noble character. The research used is qualitative research using a case study research design. The research was carried out at SDN Rarung, which is located in Pemepek Village, Pringgarata District.  The subjects of this study were grade I students at SDN Rarung. The results of this study are integrated mathematics Student Worksheets (LKS) on the material recognizing numbers, based on the results of expert validation shows that the Student Worksheets (LKS) developed are valid. Furthermore, an effectiveness test was carried out on 16 students of SDN Rarung. Based on the results of the analysis, it shows that 63% of students are complete in understanding the material knowing numbers, this means that the Student Worksheet (LKS) of mathematics is integrated in the material knowing numbers effectively to use.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles