Persepsi Siswa SMP terhadap Makna Variabel dalam Konteks Aljabar

Authors

  • Dahiana Wa Ode Universitas Pattimura
  • Farah Heniati Santosa Universitas Nahdlatul Watahan Mataram
  • Lia Ardiansari Universitas Panca Marga

Keywords:

variabel, aljabar, pemahaman siswa

Abstract

Abstrak:  Pemahaman yang akurat tentang variabel dalam aljabar dapat menjadi landasan penting bagi siswa dalam menguasai konsep-konsep matematika yang lebih tinggi di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa SMP terhadap makna variabel dalam konteks aljabar. Sebanyak 13 siswa dipilih secara purposive berdasarkan level kemampuan kognitif, terdiri dari 8 siswa kelompok tinggi, 4 siswa kelompok sedang, dan 1 siswa kelompok rendah. Instrumen berupa soal kontekstual dan wawancara semi-terstruktur digunakan untuk mengungkap pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelompok tinggi memiliki pemahaman konseptual yang baik tentang variabel sebagai simbol pengganti bilangan yang belum diketahui. Kelompok sedang menunjukkan pemahaman yang tidak stabil dan parsial, sementara kelompok rendah menunjukkan miskonsepsi, dengan mengartikan variabel sebagai hasil. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan pembelajaran yang menekankan makna konseptual variabel melalui konteks dunia nyata dan diskusi reflektif.

Abstract: An accurate understanding of variables in algebra can be an important foundation for students to master higher mathematical concepts in the future. This study aims to explore the perception of junior high school students on the meaning of variables in the context of algebra. A total of 13 students were selected purposively based on the level of cognitive ability, consisting of 8 high group students, 4 medium group students, and 1 low group student. Instruments in the form of contextual questions and semi-structured interviews were used to reveal students' understanding. The results show that most of the high group students have a good conceptual understanding of variables as symbols in place of unknown numbers. The medium group showed an unstable and partial understanding, while the low group showed misconceptions, by interpreting variables as outcomes. This study recommends a learning approach that emphasizes the conceptual meaning of variables through real-world context and reflective discussions.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles