Presepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dwi Suryo Putro Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Istikatunisah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Safarudin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ani Sahara Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Azminatun Sholehah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i2.682

Keywords:

Implementasi Nilai-nilai Keislaman, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika dengan membandingkan persepsi antara perempuan dan laki-laki berdasarkan gender. Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Instrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 10 soal/pernyataaan dengan skala likert 5 option.Kemudian analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan uji-t (uji student). Hasil analisi data menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika menunjukkan rata-rata sebesar 80.92% dengan nilai uji t -1.346 dan nilai sig 0,186. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa perempuan dengan laki laki.


Abstract: The aim of this research is to investigate students' perceptions regarding the implementation of Islamic values in mathematics education by comparing perceptions between females and males based on gender. This study utilizes a quantitative method employing a survey approach. The instrument comprises a questionnaire consisting of 10 items/statements using a 5-option Likert scale. Data analysis involves descriptive statistics and t-test (Student's t-test). The data analysis results indicate that students' perceptions of the implementation of Islamic values in mathematics education have an average score of 80.92%. The t-test yielded a t-value of -1.346 with a significance value of 0.186. This indicates that there is no difference in perception between female and male students.

Published

2023-11-30