Skim Siswa Dalam Menentukan Akar Dari Persamaan Kuadrat

Authors

  • Alvia Listyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana
  • Erlina Prihatnani Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Skim Siswa;, Persamaan Kuadrat;

Abstract

Abstrak: Penelitian deskripstif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui skim siswa dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat (PK). Informasi ini penting bagi guru untuk dijadikan dasar pembelajaran, termasuk dalam memberikan bantuan kepada siswa yang belum dapat menentukan akar-akar dari PK. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII SMP dan 3 siswa kelas XI SMK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 skim yang muncul dalam menentukan akar-akar PK, yaitu skim pemfaktoran, skim manipulasi aljabar, skim rumus abc, dan skim penyederhanaan dengan pembagian. Proses asimilasi dan akomodasi berbeda-beda. Ketidakmampuan untuk menghadapi kendala dalam penggunaan suatu skim berdampak pada pemilihan penggunaan skim lainnya. Abstract: Research qualitative deskripstif aims to understand skim students in determining roots of quadratic equations (QE). This Information is important for teachers to used as the basis of learning including in providing aid to students who do not be able to determining roots of QE. Subject in this research are 5 students class VIII junior high school and three students class XI senior high school. The result of this research shows that there are 4 skims who appeared in determining roots QE, namely skim pemfaktoran, skim manipulasi aljabar, skim rumus abc, and skim penyederhanaan dengan pembagian. The process of assimilating and accommodation are different. Inability to faced technical obstacles in use of a skim impact at an election the use of skim other.

Downloads

Published

2021-08-07