Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon

Authors

  • Ridha Yoni Astika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Bambang Sri Anggoro Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

Media Pembelajaran;, SPLDV;, Powtoon;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan powtoon, mengetahui respon siswa, dan keefektivan. Prosedur dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu: Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Produk yang dikembangkan berupa video media pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penlitian ini yaitu lembar penilaian media pembelajaran oleh ahli untuk mengukur kevalidan media pembelajaran, angket respon siswa untuk mengukur kemenarikan media pembelajaran, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan penggunaan media pembelajaran. Abstract: This research is a development research aimed at developing powtoon-assisted learning media, knowing student responses, and effectiveness. The procedure in this development uses a 4-D development model, namely: Define, Design, Develop, and Disseminate. The product developed was in the form of a learning media video on a two-variable linear equation system material for VIII grade students. The instruments used in this study are learning media assessment sheets by experts to measure the validity of learning media, student response questionnaires to measure the attractiveness of learning media, as well as learning outcomes tests to measure the effectiveness of the use of instructional media.

Downloads

Published

2021-08-07