Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Keywords:
Kooperatif, Number Head Together, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemecahan masalah matematis siswa dan model pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Darul Falah Salo, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, dimana kelas IXA berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IXB berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitia yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah. Dilihat dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,606 dengan taraf signifikan (2-tailed) 0.001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Abstract This research is motivated by the low level of students' mathematical problem solving and the learning model used by teachers has not been varied. Therefore, the researcher tried to apply the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model. The purpose of this researcher is to determine the effect of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model on students' mathematical problem solving abilities in junior high schools. This research is a Quasi Experimental study using a nonequivalent control group design. The population in this study were all ninth grade students of MTs Darul Falah Salo, while the sample in this study consisted of two classes, where class IXA consisted of 28 students as the control class and class IXB consisted of 30 students as the experimental class. The research instrument used was a problem-solving ability test. Judging from the results of the hypothesis test, t count = 3.606 was obtained with a significance level (2-tailed) of 0.001 < 0.05 so that H0 was rejected and H1 was accepted so that it was concluded that the Numbered Head Together (NHT) Cooperative Learning Model could improve students' mathematical problem solving compared to using conventional learning.

